Powered By Blogger

Minggu, 20 Februari 2011

MANAJEMEN WAKTU


• Friday, March 27th, 2009
Waktu adalah Elemen Kehidupan
Albert Einstein
Waktu adalah harta paling berharga milik Anda. Sekali waktu berlalu, waktu berlalu untuk selamanya. Tidak ada manusia yang bisa kembali ke masa lampau. Adalah sangat penting untuk mengelola waktu dengan sebaik mungkin yang kita mampu. Semakin baik kita mengelola waktu, maka semakin baik kehidupan kita. Sebaliknya, semakin buruk kita mengelola waktu, maka semakin buruk pula kehidupan kita. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda terapkan untuk mampu mengelola waktu dengan lebih baik.
1. Tetapkan Tujuan Bernilai Tinggi
Tujuan bernilai tinggi sangat penting. Kemampuan Anda dalam menetapkan dan meraih tujuan bernilai tinggi bisa membuat perbedaan yang besar atas hasil-hasil dari setiap usaha Anda. Fokuskan diri Anda untuk menetapkan dan meraih tujuan bernilai tambah tinggi yang bisa menciptakan kemajuan pesat dari usaha-usaha yang Anda kerjakan. Meluangkan waktu untuk menetapkan skala prioritas guna menetapkan tujuan bernilai tinggi akan menciptakan kemajuan pesat pada kehidupan Anda.
2. Focus
Fokus sangat penting. Inti dari prinsip fokus adalah seberapa tingkat kepentingan dari aktivitas yang kita laksanakan. Semakin penting suatu pekerjaan, maka samakin tinggi pula tingkat prioritas dari pekerjaan tersebut. Kuncinya adalah menfokuskan usaha-usaha kita pada aktivitas bernilai tinggi yang memberikan hasil-hasil terbaik. Semakin tinggi tingkat kompetensi kita dalam menetapkan skala prioritas dan menfokuskan waktu dan usaha pada aktivitas bernilai tinggi, maka semakin tinggi pula kemampuan kita untuk merealisasikan tujuan bernilai tambah tinggi.
3. Pahami dan Terapkan Proses Terbaik
Dalam setiap usaha yang manusia jalankan untuk meraih tujuan, ada proses-proses penting yang harus dikerjakan secara tuntas. Kesalahan dilakukan oleh kebanyakan orang adalah berusaha meraih tujuan dengan jalan pintas, tidak mau melalui proses-proses penting yang untuk memastikan keberhasilan. Jika proses yang penting ini dilewati, maka hasil kita petik akan jauh dari harapan. Semua proses penting harus dikerjakan. Pahami konsekuensi dari jalan pintas yang Anda gunakan karena jika tidak berhati-hati, jalan pintas yang tadinya hendak digunakan untuk mempercepat, justru malah memperlambat.
4. Miliki Sikap Disiplin
Disiplin adalah merupakan sikap sangat penting untuk diterapkan jika kita ingin berhasil dalam apapun yang kita kerjakan. Keberhasilan seseorang berbanding lurus dengan tingkat kedisiplinan yang dia miliki. Sikap dan mental manusia yang disiplin memahami bahwa tujuan bernilai tinggi harus ditetapkan dan diraih dengan usaha yang bersungguh-sungguh. Disiplin menunjukan kesungguhan dalam berusaha. Betapapun bagus tujuan yang telah ditetapkan, tetapi jika tidak disertai dengan sikap mental manusia yang berdisiplin, maka akan sangat sulit untuk meraih tujuan tersebut.
5. Tingkatkan Efisiensi Proses
Periksa ulang proses yang Anda gunakan untuk meraih tujuan. Lihat apakah proses tersebut bisa disederhanakan. Efisiensi merupakan cara untuk menghemat banyak waktu yang berharga. Efisiensi bukan bermakna bahwa Anda mengambil jalan pintas. Efisiensi berkaitan dengan menyederhanakan proses yang ada tetapi dengan hasil yang sama atau bahkan lebih baik. Jalan pintas seringkali menghilangkan proses yang penting, sedangkan meningkatkan efisiensi adalah menyederhanakan cara kerja sambil terus meningkatkan kualitas outputs. Prinsip yang penting untuk dipahami adalah: semakin berkualitas suatu proses, maka semakin meningkat pula hasil-hasil yang bisa kita panen.
6. Ciptakan Sinergi Saling Menguntungkan
Manusia adalah mahluk sosial. Kita tidak bisa mengerjakan semuanya sendiri. Melihat fakta ini, sangat penting untuk menjalin kerjasama atau sinergi saling menguntungkan dalam usaha-usaha yang kita kerjakan. Sinergi saling menguntungkan bisa diterapkan jika kita memiliki pemahaman yang akurat tentang sesama manusia. Setiap manusia diciptakan unik, keunikan-keunikan yang dimiliki manusia merupakan
7. Pilih Produk Berkualitas
Mengapa harus memilih produk yang kualitasnya di bawah standard hanya demi memburu barang murah, padahal jika produk berkualitas yang dipilih, maka secara jangka panjang justru lebih menguntungkan. Produk berkualitas memberikan nilai lebih banyak, tahan lama, dan memiliki nilai jual kembali lebih tinggi. Sebaliknya, produk murah yang berkualitas rendah justru cepat cepat masuk tempat sambah, dan justru mengakibatkan pemborosan. Apa kaitan produk berkualitas dengan waktu? Artinya adalah: fokuskan usaha-usaha Anda pada aktivitas berkualitas tinggi, yang memberikan nilai tambah tinggi, bukan pada kualitas bernilai tambah rendah, yang justru merugikan jika dihitung dari segi penggunaan waktu.
8. Manfaatkan Peluang Terbaik
Banyak peluang di luar sana, tetapi tidak semua peluang berguna untuk dimanfaatkan.Strategi terbaik yang bisa kita terapkan adalah memanfaatkan peluang terbaik. Bagaimana memahami bahwa suatu peluang adalah yang terbaik? Pahami bahwa peluang yang terbaik itu sesuai dengan karakteristik dari kekuatan atau kompetensi inti Anda. Kembangkan kompetensi Anda secara konstan dan berkesinambungan sehingga menjadi kompetensi inti yang bisa digunakan untuk memanfaatkan berbagai peluang terbaik.
9. Integrasikan Kualitas Terpadu
Menerapkan prinsip-prinsip kualitas terpadu atau kualitas total bisa melipatgandakan hasil-hasil yang Anda petik secara jangka pendek dan jangka panjang. Ini bermakna bahwa Anda menggabungkan berbagai aspek-aspek kualitas seperti: pola pikir, pengambilan keputusan, kepemimpinan, kepribadian, karakter, kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Kunci sukses dari manajemen waktu adalah meningkatkan kualitas secara konstan dan berkesinambungan.
10. Gunakan Kemampuan Berpikir Secara Optimal
Pikiran merupakan tempat di mana Anda memproses banyak informasi dan mengambil keputusan. Apapun yang manusia kerjakan berasal dari pikiran. Tuhan memberikan akal budi untuk berpikir. Semakin banyak Anda menggunakan kemampuan berpikir Anda, maka semakin berkembang otak Anda. Kecerdasan semakin meningkat semakin banyak Anda mengasah dan menggunakannya.
Copyright: Martin W. All Right Reserved.
Category: Miscellaneous  | Leave a Comment
• Thursday, March 19th, 2009
Deming menawarkan empat belas prinsip kunci bagi manajemen untuk meningkatkan efektivitas bisnis. Poin-poin ini pertama kali disajikan dalam bukunya Out of the Crisis.
1. Buat tujuan yang mantap untuk meningkatkan produk dan pelayanan, dengan maksud untuk menjadi lebih kompetitif dan bertahan dalam bisnis, dan untuk menyediakan pekerjaan.
2. Adopsi Filosofi Baru. Kita berada dalam zaman ekonomi baru. Manajemen harus bangun dan menerima tantangan, harus belajar bertanggung jawab mereka, dan menggunakan kepemimpinan untuk menciptakan perubahan.
3. Hentikan ketergantungan pada inspeksi untuk mencapai kualitas. Hilangkan kebutuhan akan pemeriksaan mendasar secara massal, ciptakan produk yang berkualitas sejak awal.
4. Akhiri praktik melakukan bisnis berdasarkan harga. Sebaliknya, minimalkan biaya total. Bergeraklah ke arah pemasok tunggal untuk setiap satu item, ciptakan hubungan jangka panjang berdasarkan kesetiaan dan kepercayaan.
5. Tingkatkan kualitas produk dan pelayanan secara konstan dan berkesinambungan, tingkatkan kualitas dan produktivitas, dan dengan demikian biaya terus-menerus mengalami penurunan.
6. Lembagakan pelatihan di tempat kerja.
7. Lembaga kepemimpinan. Tujuan pengawasan haruslah untuk membantu manusia, mesin-mesin, dan peralatan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik. Tingkatkan kualitas dari pengawasan manajemen dan pengawasan pekerja produksi.
8. Hilangkan rasa takut, sehingga setiap orang dapat bekerja efektif untuk perusahaan.
9. Hancurkan penghalang antar departemen. Orang-orang dalam penelitian, desain, penjualan, dan produksi harus bekerjasama sebagai sebuah tim, untuk mengantisipasi hasil produksi dan penggunaannya, dengan demikian masalahnya bisa dideteksi secara dini dalam proses menghasilkan produk atau jasa.
10. Hilangkan slogan-slogan, desakan, dan target untuk angkatan kerja meminta tanpa cacat dan tingkat produktivitas baru. Nasihat seperti itu hanya menciptakan hubungan yang berlawanan, sebagai bagian terbesar dari penyebab rendahnya kualitas dan produktivitas rendah milik sistem dan dengan demikian berada di luar kuasa tenaga kerja.
11. a. Hilangkan bekerja berdasarkan standar (kuota) di lantai pabrik. Gantikan dengan kepemimpinan.
b. Hilangkan manajemen berdasarkan tujuan. Hilangkan manajemen dengan angka-angka, numerik tujuan. Gantikan dengan kepemimpinan.
12. a. Hapus hambatan yang merampok pekerja per jam haknya untuk kebanggaan pengerjaan. Tanggung jawab pengawas harus diubah dari angka yang jelas terhadap mutu.
b. Hapus hambatan yang merampok orang di manajemen dan di rekayasa hak mereka untuk kebanggaan pengerjaan. Ini berarti, antara lain, “penghapusan tahunan atau jasa penilaian dan manajemen dengan tujuan.
13. Institut program pendidikan dan perbaikan diri yang kuat.
14. Letakkan semua orang di perusahaan untuk bekerja dan mencapai transformasi.Transformasi adalah tugas semua orang.
“Pelatihan besar-besaran diperlukan untuk menanamkan keberanian untuk melanggar tradisi. Setiap kegiatan dan setiap pekerjaan adalah bagian dari proses. “
• Wednesday, March 11th, 2009
Bagaimana Sukses Belajar di Perguruan Tinggi
Proses pembelajaran di tingkat perguruan tinggi merupakan kesempatan untuk meraih prestasi yang baik guna menyiapkan masa depan yang berhasil. Proses pembelajaran yang efektif dimulai menyesuaikan minat dan bakat pribadi dengan jurusan atau program studi yang akan kita tekuni.
Mahasiswa memiliki tanggungjawab untuk sukses secara akademik. Belajar di perguruan tinggi merupakan hal yang serius. Anda harus menfokuskan waktu dan energi pada aktivitas-aktivitas akademik bernilai tinggi agar bisa meraih prestasi terbaik sesuai dengan potensi yang Anda miliki.
Berikut ini adalah strategi untuk meraih prestasi terbaik sesuai dengan kemampuan Anda dalam proses belajar di perguruan tinggi.
1. Belajarlah Untuk Menetapkan Tujuan Yang Realistis.
Tetapkan tujuan jangka pendek, menengah dan panjang yang realistik. Miliki strategi dan taktik untuk meraih tujuan-tujuan tersebut secara cepat dan tepat.
2. Jadwalkan Secara Cermat.
Menyusun jadwal kegiatan merupakan satu kegiatan terpenting yang harus dilakukan mahasiswa setiap hari. Dengan membuat jadwal kegiatan, dan menfokuskan waktu, pikiran dan energi untuk melaksanakan proses pembelajaran terbaik, maka Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk proses pembelajaran dan kegiatan pribadi.
3. Gunakan Waktu Secara Efektif.
Lihat proses belajar sebagai pekerjaan yang mengharuskan Anda menggunakan sejumlah waktu guna meraih tujuan. Tetapkan prioritas. Rencanakan secara cermat. Gunakan waktu secara lebih efisien.
4. Kerjakan Semua Proses Kuliah.
Menghadiri setiap kuliah dan mengerjakan semua tugas adalah cara untuk meraih prestasi akademik terbaik! Apakah itu kuliah awal di pagi hari atau kuliah malam, Anda harus menghadiri semua proses pembelajaran.
5. Kembangkan Kebiasaan Belajar yang Efektif.
Anda harus belajar dengan lebih cerdas, bukan lebih keras. Luangkan waktu tertentu untuk belajar dalam iklim yang kondusif. Pelajari ulang semua materi kuliah yang sudah Anda terima secara menyeluruh dan lebih mendalam. Bentuk kelompok belajar untuk memperluas wawasan dan untuk mengatasi masalah yang sulit untuk Anda selesaikan sendiri.
6. Jalin hubungan yang baik dengan pembimbing akademik Anda.
Pembimbing akademik memainkan peranan yang penting dan bertanggungjawab untuk membantu kelancaran proses studi Anda. Menjalin komunikasi rutin yang efektif dengan pembimbing akademik akan membantu memperlancar proses pembelajaran jangka pendek dan jangka panjang Anda.
7. Pahami Para Dosen Anda.
Jalin komunikasi yang lancar dengan para dosen Anda. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan mata kuliah yang mereka berikan. Sesuaikan cara belajar Anda dengan gaya mengajar mereka. Kunjungi selama jam kerja dan diskusikan masalah-masalah seputar mata kuliah yang mereka berikan.
8. Pahami kebijakan dan peraturan di tempat Anda kuliah.
Setiap perguruan tinggi memiliki peraturan akademik yang harus diperhatikan agar proses studi mahasiswa menjadi lancar. Adalah penting untuk memahami peraturan akademik, kurikulum, mata kuliah, dan prasyarat tertentu di tiap-tiap jurusan.
9. Manfaatkan Sarana dan Prasarana Kampus.
Manfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia di kampus secara maksimal. Perpustakaan, asistensi, bimbingan karir, pusat bahasa dan berbagai fasilitas yang tersedia yang mampu menunjang proses pembelajaran Anda. Gunakan sarana dan prasana yang ada secara efektif dan efisien.
10. Ambil Aktivitas Non-Akademik Yang Sesuai Dengan Bakat dan Minat Anda.
Meraih prestasi akademik adalah fokus utama Anda. Tetapi perlu juga Anda mencari pengalaman dalam bidang non-akademik yang sesuai dengan bakat dan minat Anda. Belajar adalah awal dari kehidupan kerja Anda. Nikmati prosesnya! Anda bisa bergabung dengan klub musik, klub informatika, klup sains dll. Anda sendirilah yang menentukan masa depan Anda!
Copyright: Martin W. All Right Reserved.
• Friday, January 30th, 2009
Pendidikan yang berkualitas sangat penting bagi setiap individu. Guna mendapatkan pendidikan yang berkualitas diperlukan usaha-usaha spesifik. Keberhasilan seseorang atau organisasi sangat tergantung pada kualitas pendidikan atau kompetensi yang dimiliki. Berikut ini adalah strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
1. Terapkan Sistem Belajar Yang Berkualitas
Sukses di bidang pendidikan berbanding lurus dengan kemampuan dalam menyerap berbagai ilmu yang berguna. Semakin berguna ilmu yang diserap, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk berhasil. Seseorang yang mendapatkan ilmu di sekolah yang berkualitas lebih tinggi akan memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil dibandingkan mereka yang belajar di sekolah berkualitas rendah.
2. Miliki Kemandirian Dalam Belajar
Meskipun belajar di sekolah berkualitas sangat penting artinya dalam meraih keberhasilan, kemandirian dalam belajar juga sangat menentukan karena tidak semua ilmu yang berguna di dunia nyata tersedia di sekolah. Manusia yang berhasil adalah mereka yang mampu menggabungkan sistem pendidikan formal dan informal sehingga memiliki bekal pendidikan yang memadai.
3. Kecerdasan Emosional
Kita mengasah kecerdasan intelektual di sekolah, tetapi kecerdasan emosional ternyata sama pentingnya untuk kita asah dan kembangkan. Kecerdasan emosional berkaitan dengan kemampuan menjalin hubungan antarmanusia yang berhasil. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional, semakin tinggi pula kemampuan kita dalam menjalin hubungan antarmanusia. Bagaimanapun juga, keberhasilan tidak bisa diraih hanya dengan menyendiri, keberhasilan akan mudah diraih jika kita mampu menjalin hubungan antarmanusia berdasarkan prinsip-prinsip universal yang mengatur alam semesta.
4. Berinvestasi Dalam Putaran Waktu
Dimensi waktu memiliki makna sangat penting. Kunci dari sukses memanfaatkan waktu adalah menfokuskan waktu, pikiran dan energi yang kita miliki pada berbagai kegiatan yang bernilai tambah tinggi. Semakin tinggi tingkat kemampuan kita dalam memanfaatkan waktu, semakin tinggi pula tingkat keberhasilan yang mampu kita raih.
5. Kecerdasan Spiritual
Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan. Demensi spiritual tidak boleh diabaikan karena memiliki peranan yang penting dalam setiap kehidupan umat manusia. Dimensi kecerdasan spiritual bisa diasah dengan membaca Kitab Suci, bermeditasi, melakukan kebaikan pada sesama manusia, dan melaksanakan hukum kasih dalam menjalin hubungan antar sesama manusia.
Copyright: Martin W. All Right Reserved

Tidak ada komentar:

Posting Komentar